F A Q

Frequently Asked Question(s), pertanyaan yang sering ditanyakan seputar pengajuan pendirian SPBU baru.

Q : Kepanjangan dari apakah SPBU ?

SPBU : Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum

Q : Bagaimana caranya untuk bergabung menjadi mitra PT. Pertamina (SPBU)

Calon mitra bisa bergabung setelah lolos seleksi dari registrasi online. Dimana registrasi online dapat diakses di http://www.pertamina.com

Q : Berapa lamakah proses seleksi online SPBU berlangsung?

Proses seleksi ini memakan waktu maksimal 2 bulan setelah periode registrasi ditutup.

Q : Berapa lamakah durasi 1 periode penerimaan aplikasi?

Untuk 1 periode = 2 bulan

Q: Kapan periode pendaftaran dimulai?

SPBU :
Periode I : 1 Maret – 31 Maret 2013
Untuk periode selanjutnya dapat dilihat di halaman prosedur

Q : Bagaimanakah bentuk kerja sama yang ditawarkan?

Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah:

CODO (Company Owned Dealer Operated), SPBU CODO Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerjasama antara PT. Pertamina (PERSERO) dengan pihak-pihak tertentu. Antara lain kerjasama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk di bangun SPBU Pertamina.

Q : Dimana bisa melihat hasil pengumuman seleksi online ini?

Pengumuman hasil seleksi online dapat dilihat di http://www.pertamina.com , dan pihak PT. Pertamina juga akan mengirimkan email hasil pengumuman seleksi kepada masing-masing calon mitra.

Q : Registrasi online sudah dilakukan tetapi belum mendapatkan nomor registrasi, baik secara langsung maupun melalui email?

Pendaftaran yang sempurna akan mendapatkan respon dari situs yang menampilkan nomor registrasi dan password secara langsung. Secara otomatis pula sebuah email akan dikirimkan ke alamat email yang Anda cantumkan. Pastikan semua isian pada lembar pendaftaran telah Anda isi dengan benar.

Q : Bagaimana calon mitra dapat mengetahui statusnya setelah melakukan registrasi tahap I?

Lolos tidaknya calon mitra ketahap selanjutnya akan diinformasikan melalui email setelah 3 x 24 jam terhitung dari calon mitra melakukan pengiriman data registrasi tahap I dengan lengkap.

Q : Didalam pendaftaran online ini apakah ada penolakan apabila di lokasi RPJ (Rencana Pengembangan Jaringan) yang ditentukan sudah ada yang mendaftar sebelumnya?

Kesempatan pendaftaran pada lokasi yang sama dimungkinkan terjadi. Penentuan permohonan yang disetujui diperoleh dari hasil evaluasi ekonomi dan verifikasi kepada calon mitra yang bersangkutan setelah dinyatakan lolos seleksi lokasi (tahap I).

Q : Mengapa calon mitra belum juga mendapatkan jawaban seleksi tahap I, sedangkan registrasi dilakukan sudah lebih dari 3 x 24 jam?

Dalam pendaftaran online SPBU, Calon mitra dimintakan alamat email yang digunakan untuk mengirimkan nomor registrasi, password, dan pemberitahuan lainnya.
Ada beberapa kemungkinan jika calon mitra tidak menerima email balasan, yaitu :

  • salah mengetikan alamat email
  • kapasitas email telah memenuhi batas
  • salah mengetik domain (contoh; tidak ada @yaho.com, tetap @yahoo.com)
  • email masuk kedalam folder bulk atau spam.

Q : Apakah arti dari status :

  1. Proses seleksi Lokasi
  2. Tidak lolos seleksi lokasi
  3. Input data
  4. Kirim Data

Arti dari status aplikasi:

  1. Proses seleksi lokasi : sistem sedang memproses data lokasi yang dikirimkan calon mitra untuk disesuaikan dengan RPJ yang telah ditentukan. Pengumuman lolos tidaknya calon mitra untuk lanjut ke tahap selanjutnya akan diumumkan setelah 3 x 24 jam terhitung dari tanggal registrasi online tahap I.
  2. Tidak Lolos Seleksi Lokasi: lokasi rencana pembangunan SPBU yang dipilih oleh calon mitra tidak sesuai dengan RPJ yang telah ditentukan. Dan oleh karenanya calon mitra tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dan dinyatakan gugur seleksi lokasi.
  3. Input Data : Calon mitra lolos seleksi tahap I dan sedang dalam proses melengkapi data yang diminta di tahap II.
  4. Kirim Data : ini berarti calon mitra sudah lengkap mengisikan data yang diminta di tahap II, dan menunggu hasil pengumuman lolos tidaknya dari seleksi tahap II yang akan diumumkan setalah 7 X 24 jam terhitung dari akhir periode pendaftaran.