FAQ

Tanya Jawab

Frequently Asked Question(s), pertanyaan yang sering ditanyakan seputar pengajuan pendirian SPBU baru.


A: Calon mitra bisa bergabung setelah lolos seleksi dari registrasi online. Dimana registrasi online dapat diakses di http://www.pertamina.com

A: Proses seleksi ini memakan waktu maksimal 2 bulan setelah periode registrasi ditutup.

A : 3 hari waktu untuk kelengkapan dokumen dan 7 hari waktu untuk pembayaran biaya verifikasi lapangan. Apabila dalam waktu tersebut calon mitra belum melengkapi persyaratan, maka akan dianggap gagal.

A: Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah:

  • CODO (Company Owned Dealer Operated), SPBU CODO Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerjasama antara PT. Pertamina (PERSERO) dengan pihak-pihak tertentu. Antara lain kerjasama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk di bangun SPBU Pertamina.
  • DODO (Dealer Owned Dealer Operated), SPBU DODO merupakan SPBU bentuk kerja sama dimana lokasi dan investasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra, Untuk mengembangkan outlet non PSO pada saat ini SPBU DODO hanya menjual jenis produk Premium dan BBK (Solar yang dijual adalah solar Keekonomian).

A: Pengumuman hasil pendaftaran online dapat dilihat di http://www.pertamina.com , dan pihak PT. Pertamina juga akan mengirimkan email hasil pengumuman seleksi kepada masing-masing calon mitra.

A: Pendaftaran yang sempurna akan mendapatkan respon dari situs yang menampilkan nomor registrasi dan password secara langsung. Secara otomatis pula sebuah email akan dikirimkan ke alamat email yang Anda cantumkan dan kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang anda cantumkan. Pastikan semua isian pada lembar pendaftaran telah Anda isi dengan benar.

A: Lolos tidaknya calon mitra ketahap selanjutnya akan diinformasikan melalui email setelah 7 hari kerja terhitung dari tanggal penutupan periode pendaftaran online.

A: Dalam pendaftaran online SPBU, Calon mitra dimintakan alamat email yang digunakan untuk mengirimkan nomor registrasi, password, dan link untuk aktivasi serta calon mitra dimintakan nomor handphone yang digunakan untuk mengirimkan kode aktivasi. Ada beberapa kemungkinan jika calon mitra tidak menerima email dan SMS balasan, yaitu :

  • salah mengetikan alamat email
  • kapasitas email telah memenuhi batas
  • salah mengetik domain (contoh; tidak ada @yaho.com, tetap @yahoo.com)
  • email masuk kedalam folder bulk atau spam.
  • salah memasukan nomor handphone.