FAQ

Tanya Jawab

Frequently Asked Question(s), pertanyaan yang sering ditanyakan seputar pengajuan pendirian SPBU baru.


Calon mitra dapat mengakses registrasi online di http://www.pertamina.com.
Calon mitra bisa bergabung menjadi mitra SPBU, SP(P)BE, Agen LPG, atau Bengkel Pemeliharaan Tabung LPG setelah lolos seleksi.

Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah:

  • SPBU Regular
  • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Regular merupakan lembaga penyalur yang dibangun diatas sebidang tanah yang terbatas dengan syarat minimal berukuran 1.500 m2 dan memiliki fasilitas SPBU yang dibangun berdasarkan rancangan, desain dan spesifikasi teknis yang telah disetujui oleh Pertamina yang digunakan untuk menyalurkan dan memasarkan BBM dan/atau Produk Lain dengan menggunakan merek dagang Pertamina serta dapat digunakan untuk pengelolaan Bisnis NFR (Non Fuel Retail) - NFR Optional

    Kerja sama SPBU Regular terdiri dari:

    • CODO (Company Owned Dealer Operated), SPBU CODO Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerjasama antara PT. Pertamina (PERSERO) dengan pihak-pihak tertentu. Antara lain kerjasama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk di bangun SPBU Pertamina.
    • DODO (Dealer Owned Dealer Operated), SPBU DODO merupakan SPBU bentuk kerja sama dimana lokasi dan investasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra, Untuk mengembangkan outlet non PSO pada saat ini SPBU DODO hanya menjual jenis produk Premium dan BBK (Solar yang dijual adalah solar Keekonomian).

     

  • SPBU Mini/Modular
    • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Mini merupakan lembaga penyalur yang dibangun diatas sebidang tanah yang terbatas dengan syarat minimal berukuran 600 m2 dan memiliki fasilitas SPBU yang dibangun berdasarkan rancangan, desain dan spesifikasi teknis yang telah disetujui oleh Pertamina yang digunakan untuk menyalurkan dan memasarkan BBM dan/atau Produk Lain dengan menggunakan merek dagang Pertamina serta dapat digunakan untuk pengelolaan Bisnis NFR (Non Fuel Retail) - NFR Optional
    • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Modular adalah lembaga penyalur yang memiliki sarana dan fasilitas yang dapat berpindah, yang didirikan sebagai alternatif bangunan untuk memenuhi kebutuhan BBM Non PSO di lokasi tertentu. Untuk kebutuhan SPBU Modular yang memasarkan produk BBM PSO dan Premium dapat dimungkinkan atas pertimbangan tertentu

SPBE Non PSO merupakan Stasiun Pengisian LPG Pertamina yang melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan dan pengisian LPG Non Subsidi sesuai SOP Pertamina.

SPBE PSO merupakan jaringan distribusi Pertamina yang melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan dan pengisian LPG Bersubsidi sesuai SOP Pertamina.

Agen LPG PSO merupakan jaringan distribusi Pertamina yang melaksanakan kegiatan pemasaran LPG bersubsidi (LPG 3 Kg) kepada masyarakat, dengan jumlah tertentu (berdasarkan kuota yang diberikan Pemerintah).

Agen LPG NPSO merupakan jaringan distribusi Pertamina yang melaksanakan kegiatan pemasaran LPG non subsidi kepada konsumen (brand Elpiji dan Bright Gas).

Bengkel Pemeliharaan Tabung LPG 3 kg adalah fasilitas dan peralatan tempat pelaksanaan pekerjaan retest, repaint, dan/atau repair tabung LPG 3 kg yang diadakan, disediakan, dan dibangun oleh Pihak Kedua yang telah mendapatkan persetujuan dari Pertamina

Bengkel Pemeliharaan Tabung LPG Non PSO adalah fasilitas dan peralatan tempat pelaksanaan pekerjaan retest, repaint, dan/atau repair tabung LPG Non PSO yang diadakan, disediakan, dan dibangun oleh Pihak Kedua yang telah mendapatkan persetujuan dari Pertamina

Proses seleksi ini memakan waktu maksimal 2 bulan setelah calon mitra Lolos verifikasi awal dan telah membayar Biaya Verfikasi ke Rekening Pertamina.

Dalam pendaftaran online kemitraan Pertamina, calon mitra diminta mengisi alamat email yang digunakan untuk mengirimkan nomor registrasi, password, dan link untuk pengaktifan akun.

Calon mitra juga diminta mengisi nomor handphone yang digunakan untuk mengirimkan kode pengaktifan akun.

Ada beberapa kemungkinan jika calon mitra tidak menerima email dan SMS balasan, antara lain :

  • Salah mengetikan alamat email
  • Kapasitas email telah memenuhi batas
  • Salah mengetik domain (contoh; tidak ada @yaho.com, tetapi @yahoo.com)
  • Email masuk kedalam folder bulk atau spam
  • Salah memasukan nomor handphone

4 hari waktu untuk calon mitra mengaktifkan akun, mengisi form serta melengkapi dokumen dan 2 hari waktu untuk pembayaran biaya verifikasi lapangan. Apabila dalam waktu tersebut calon mitra belum melengkapi persyaratan, maka akan dianggap gagal.

Lolos tidaknya calon mitra ke tahap selanjutnya akan diinformasikan melalui SMS dan email yang sudah didaftarkan.

Pengumuman hasil pendaftaran online dapat dilihat dengan login di http://spbu.pertamina.com, dan akan diinformasikan melalui SMS dan email yang sudah didaftarkan.